3 Cara Untuk Menghilangkan Kutu Kucing

Pagi hari ini kami hendak berbagi tips tentang teknik menghilangkan kutu kucing dengan teknik yang sederhana dan irit biaya. Bila tidak dipedulikan saja, kutu ini dapat membuat kucing kita merintih kesakitan sebab gatal dan nyeri kemerahan sebab permukaan kulitnya terus digali oleh kutu.

Kutu kucing atau yang dikenal dengan nama ilmiah Ctenocephalides felis merupakan fauna yang mempunyai siklus metamorfosis menyeluruh mulai dari telur, larva, kepompong dan etape dewasa. Siklus hidup kutu kucing itu dapat dilangsungkan selama 1 sampai 2 ½ bulan, tergantung dengan situasi lingkungan sebab siklus kutu kucing paling bergantung pada suhu dan kelembaban udara lingkungan sekitar.

Adalah keharusan kita sebagai penyuka kucing untuk mengawal lingkungan supaya kucing anda terhindar dari kutu yang sangat buas dalam menyedot darah ini. Cara menghilangkan kutu kucing di lokasi tinggal ini hanya memerlukan tidak banyak usaha dan biaya. Kita barangkali perlu pertolongan dokter fauna untuk menyarankan resep obat tertentu guna dikonsumsi oleh kucing kita.

Setidaknya terdapat 3 teknik utama bagaimana kita dapat menghilangkan kutu pada kucing. Ketiga teknik utama ini mempunyai teknik dan alat setiap sesuai dengan keperluan dan situasi kucing. Pengobatan yang efektif ialah pengobatan yang menggabungkan ketiga teknik ini. Ketiga teknik pengobatan ini bila diserahkan secara bersamaan maka bisa menghindari tumbuhnya kutu baru dan lokasi infeksi yang baru, serta menangkal kutu kucing pulang datang.

Beberapa referensi yang kami temukan mengaku bahwa teknik menghilangkan kutu kucing yang efektif ialah pemakaian obat / terapi topikal, dilengkapi dengan obat oral sistemik dan menjaga kebersihan lingkungan dimana kucing anda tinggal.

  1. Pengobatan Topikal

Pengobatan topikal atau yang lebih tidak jarang kita kenal dengan istilah penyembuhan luar ialah pengobatan yang dilaksanakan dengan teknik menggunakan obat tertentu untuk pemakaian luar. Obat ini tidak guna dikonsumsi karena dapat membuat kucing keracunan. Ada sejumlah jenis obat/terapi topikal yang dapat digunakan, antara lain:

Shampo Kucing Anti Kutu

Ada sejumlah merk shampo eksklusif kucing yang mempunyai rumus anti kutu. Bagi merknya sendiri tidak bakal saya sebutkan karena konsentrasi kita bukan pada review produk shampo. Yang sangat penting ialah membaca aturan pemakaian dan kandungan formulanya. Biasanya shampo guna menghilangkan kutu kucing ini berisi flumethrin, fipronil, dan imidacloprid. Adakalanya terdapat shampo yang pun lengkap untuk mengenyahkan jamur pada kucing.

Minyak Telon

Banyak yang menganjurkan pemakaian minyak telon untuk mengenyahkan kutu sebab bau minyak telon tidak digemari oleh kutu kucing. Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon memang bagus tapi simaklah pula kelaziman kucing kita. Jika kucing tidak jarang menjilati bulunya, usahakan melulu memberikan tidak banyak olesan minyak telon. Jangan banyak-banyak sebab tidak bagus untuk kucing andai tertelan dan dapat menyebabkan keracunan pada kucing. Disarankan melulu untuk diserahkan pada unsur yang sulit untuk dijilati kucing.

  1. Pengobatan Oral Sistemik

Pengobatan oral sistemik ialah pengobatan yang dilaksanakan menggunakan obat yang dikonsumsi melewati mulut. Cara menghilangkan kutu kucing dengan obat oral ini bakal ampuh bila dibuntuti dengan penyembuhan luar dan mengawal lingkungan. Obat laksana pil nitenpyram (Capstar) bisa membunuh kutu kucing dewasa dalam 30 menit. Penting untuk memakai resep dokter untuk masing-masing obat yang dikonsumsi oleh kucing. Kita tidak dapat menggaransi obat mana yang bagus sebab semua tersebut bisa bertolak belakang antara satu kucing dengan kucing lainnya.

  1. Menjaga Lingkungan

Di samping harus secara teratur memandikan kucing dengan shampo eksklusif kucing. Kita butuh menjaga kesucian lingkungan dimana kucing seringkali berada. Gunakan vacuum cleaner untuk mencuci telur kutu kucing yang seringkali berada di keset, karpet, sofa dan lantai. Tempat-tempat tersebut ialah habitat dimana telur kutu tidak sedikit bertebaran. Dengan mengawal lingkungan supaya jauh dari telur kutu maka kita dapat meredam perkembangbiakan kutu di lokasi tinggal kita. Ketika kutu tidak sedikit yang mati, maka bisa jadi bulu kucing rontok semakin sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *