6 Ciri Ciri Hamil Muda

Sebuah tahap yang sangat dinantikan paska pernikahan oleh setiap pasangan suami istri adalah terjadinya kehamilan. Fase kehamilan ini pastinya sebuah fase yang akan membuat setiap pasangan merasa sangat bahagia. Tetapi apakah kamu sudah mengetahui ciri ciri hamil? Memang untuk mengetahui hamil atau tidaknya itu dapat dilakukan melalui tes urin dengan menggunakan alat tes kehamilan atau dengan tes darah di laboratorium. Atau juga kamu dapat mengetahui telah terjadinya kehamilan muda melalui ciri ciri dibawah ini :

  • Payudara Mengalami Perubahan

Pada saat terjadinya kehamilan maka pada umumnya payudara akan membesar, hal ini dikarenakan meningkatnya produksi hormone estrogen dan progesterone. Selain itu juga kondisi payudara akan semakin lembut, semakin membesar juga puting susunya dan akan semakin gelap warnanya. Dan terkadang pada saat dipegang terasa nyeri dan juga terkadang terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan tampak terlihat karena adanya penegangan payudara.

  • Mengalami Mual Muntah Atau Morning Sickness

Ciri ciri hamil ini akan dialami oleh banyak ibu hamil, yang menyebabkannya adalah terjadinya peningkatan hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin secara tiba tiba. Umumnya rasa mual dan muntah ini akan hilang dengan sendirinya pada saat kehamilan memasuki usia trimester kedua. Karena ciri ciri ini umumnya terjadi dipagi hari maka kondisi mual muntah ini sering juga disebut dengan istilah morning sickness. Tetapi meski begitu kondisi tersebut dapat terjadi pada siang dan malam hari.

  • Akan Mudah Lelah Dan Mengantuk

Biasanya pada saat hamil akan merasa lebih cepat mengantuk dan lelah. Yang menyebabkan ibu hamil mengalami sering mengantuk dan lelah yang berlebihan adalah karena adanya perubahan hormonal, dan juga akibat adanya kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan juga paru paru. Semakin membesarnya perut ibu seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan akan memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu.

  • Akan Lebih Sensitifnya Indera Penciuman

Indera penciuman pada saat hamil muda biasanya akan lebih sensitif. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan akan mudahnya ibu hamil untuk mencium bau bau yang tidak sedap yang dapat menimbulkan rasa mual. Indera penciuman kemampuannya meningkat dikarenakan telah terjadinya perubahan hormone estrogen didalam tubuh.

  • Akan Terjadinya Perubahaan Mood

Pastinya kamu pernah melihat seorang ibu hamil yang mudah marah ataupun mudah sedih. Hal tersebut terjadi karena terjadinya peningkatan hormon tertentu didalam tubuh. Perubahan hormone yang menjadi tidak seimbang ini akan menyebabkan mudahnya berubah ubah mood seorang ibu hamil terlebih dipagi hari.

  • Akan Munculnya Flek Darah Yang Diikuti Kram Perut

Memang munculnya flek darah ini tidak akan akan dialami oleh setiap ibu hamil, tetapi kemunculan flek darah ini biasanya terjadi sebelum terjadinya menstruasi yang akan datang, dan biasanya akan terjadi antara 8 hingga 10 hari setelah terjadinya ovulasi. Selain itu juga keluarnya bercak darah ini biasanya akan diikuti dengan terjadinya kram perut. Kondisi kram perut ini akan terus berlanjut hingga kehamilan memasuki usia trimester kedua.

Selain itu masih ada ciri ciri kehamilan yang lainnya seperti akan seringnya buang air kecil. Hal ini terjadi karena akan meningkatnya frekuensi buang air kecil pada saat usia kehamilan muda. Pada saat janin tumbuh semakin besar didalam rahim, maka akan mengakibatkan meningkatnya sirkulasi darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *