Belanja Online? Mudah sih, Tapi Cek Ini Dulu!

Maraknya toko online dengan segala pesona kemudahannya, menjadi dua mata pedang yang harus diwaspadai. Di satu sisinya, membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah dan berjalan lebih efisien. Di sisi yang lainnya, maraknya belanja online membuat kejahatan di dunia digital semakin tumbuh subur. Tidak terhitung sudah, berapa banyak korban penipuan belanja online yang ada di masyarakat luas. Mulai dari nominal kecil hingga nominal besar. Semua sama, karena belum tahu tips dan trick belanja online yang aman, agar tidak terjebak penipuan.

Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini agar kegiatan belanja online aman, nyaman dan tidak terjebak penipuan. Yuk, simak ulasannya.

  1. Usahakan COD (Cash on Delivery)

Pilih penjual yang menyediakan jasa COD (Cash on Delivery) untuk menghindari kemungkinan penipuan. Jadi, pembayaran dilakukan oleh pembeli ketika barang sudah diterima. Namun, jangan lupa untuk cek kondisi barang sebelum menyerahkan uang pembayaran, ya. Sebab, ada banyak kasus COD (Cash on Delivery) yang abal-abal. Seperti, modus membungkus produk dengan rapat, rapi dan terlihat sulit dibuka. Sehingga, pembeli malas mengecek. Ketika transaksi sudah berlangsung, ternyata ketika dibuka, barang tidaklah seusia permintaan.

  1. Pakai Jasa Rekber (Rekening Bersama)

Pemilihan jasa satu ini menjadi primadona jika transaksi belanja online tidak lewat market place yang tidak ada fitur rekening bersama. Maksudnya, di sini pembeli metransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan, kemudian masuk ke pihak jasa rekening bersama.

Nah, ketika uang sudah masuk, pihak jasa rekening bersama akan memberi informasi ke penjual, bahwa uang sudah masuk, dan penjual bisa mengirimkan barang. Ketika barang sudah diterima pembeli, dan menginformasikan ke pihak jasa rekening bersama, maka pihak rekening bersama akan metransferkan uang sesuai kesepakan pada pihak penjual. Sehingga, relatif lebih aman dibandingkan langsung transfer antara penjual dan pembeli.

Namun, perlu berhati-hati, sebab, jasa rekening bersama pun ada yang abal-abal. Contohnya, kasus Rekber asal Jawa Timur yang membuat heboh dunia online karena membawa kabur banyak uang pelanggan jasanya. Tentu saja, ini sangat merugikan. Sehingga, pembeli sebaiknya memilih market place yang sudah ada jasa Rekebernya. Caranya, banyak mencari informasi mengenai jasa rekbernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *