Cara Mengatasi Politik Dinasti

Sejauh ini memang belum ada peraturan atau undang-undang yang mengatur tentang pelarangan politik dinasti. Namun secara etika pelaksanaan politik dinasti dinilai sangat merugikan apalagi jika terjadi pada negara yang menjunjung tinggi demokrasi atau yang berasas demokrasi.

Walaupun secara formil belum diatur oleh undang-undang namun ada beberapa cara untuk mengurangi terjadinya politik dinasti yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Cara tersebut antara lain mengurangi wewenang kepala daerah, mengenai penggunaan anggaran atau otoritas terhadap izin-izin seperti tambang atau usaha lain.

Hal ini dilakukan dengan merevisi Undang Undang Pemerintahan Daerah. Selain itu cara lain yakni dengan penguatan syarat calon kepala daerah dengan menerapkan standar yang tinggi bagi orang-orang yang duduk di kursi legislatif. Hal ini dilakukan agar bisa membawa kepentingan rakyat dalam pengambilan keputusan, bukan untuk mencari untung sendiri.

Sistem Informasi Pemilihan yang Lengkap

Dalam pelaksanaan pemilihan umum di suatu daerah, hendaknya pemerintah memberikan suatu wadah yang dapat memberikan informasi tentang calon legislatif ataupun calon kepala daerah. Informasi yang diberikan dalam wadah tersebut juga haruslah informatif dan lengkap agar masyarakat dapat mengetahui calon yang berada dalam politik dinasti.

Pengecekan informasi tersebut sebaiknya yang dapat menjangkau seluruh masyarakat yakni dengan penggunaan gawai dan internet. Akses informasi yang cepat tersebut dapat dibantu dengan SMARTFREN melalui hadirnya produk #Super4Gkuota yang memiliki kecepatan internet cepat, sehingga Anda dapat menyuarakan melalui #KuotakanSuaramu tentang hal ini.

Itulah hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah agar dapat mengatasi maraknya politik dinasti di daerah-daerah. Tidak adanya politik dinasti di suatu daerah akan dapat meminimalisir tindak pidana korupsi yang dapat dilakukan oleh elit tersebut, sehingga hak yang dimiliki oleh rakyat dapat diberikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *