Panduan Lengkap Perkembangan Bayi 3 Bulan.

Ketika berusia 3 bulan, bayi tidak lagi dianggap sebagai bayi baru lahir, tetapi memasuki fase sebagai bayi. Lalu, bagaimana perkembangan bayi 3 bulan itu? Menurut WHO, dalam 28 hari pertama bayi setelah lahir, dia berada dalam resiko tinggi untuk bertahan hidup sehingga dalam fase ini, sangat penting untuk menyokong semua kebutuhan bayi, baik asupan nutrisi dari ASI maupun kasih sayang orangtua.

Meskipun si kecil telah melalui fase tersebut dan memasuki tahapan selanjutnya, dia masih harus belajar banyak hal. Orang tua akan dibuat kagum dengan perkembangan bayi 3 bulan.

Perkembangan fisik

Kekuatan tubuh bagian atas

Bayi 3 bulan anda seharusnya telah memiliki kekuatan lebih di bagian otot leher. Sehingga ketika dia tengkurap atau tummy time, dia bisa menahan berat kepala dan dada dengan kedua lengannya.

 

  • Kekuatan Tubuh Bagian Bawah

 

Ketika bayi tengkurap, Orang tua mungkin akan melihat bahwa tubuh bagian bawah ia sudah bisa menggerakan kedua kakinya atau menendang. Semua ini terjadi karena dia sudah memiliki lebih banyak kekuatan pada tubuh bagian bawah.

 

  • Kekuatan dan kendali leher

 

Kekuatan leher bayi di usia ini telah meningkat, sehingga ketika orang tua menggendongnya dengan tegak, kepalanya akan tetap tegak dan tidak goyah.

 

  • Koordinasi tangan dan mata

 

Si kecil kini sudah bisa menggenggam mainan di tangannya dan memasukannya langsung ke mulut. Atau dia akan memasukan tangannya ke mulut. Oleh sebab itu, Orang tua harus selalu ingat untuk menyediakan mainan yang aman dan bentuknya tidak terlalu kecil untuk menghindari resiko bayi tersedak.

 

  • Berguling

 

Di usia ini, bayi akan lebih suka berguling sendiri saat dibaringkan terlentang.

Pada usia ini, bayi akan mampu berguling sendiri tanpa bantuan siapa pun. Bunda akan sering melihat dia tengkurap sendiri saat dibaringkan terlentang. Jadi hati-hatilah ketika sedang mengganti popoknya atau sedang bermain dengannya di tempat tidur.

Perkembangan sensorik

 

  • Sentuhan

 

Pada usia ini, bayi menjadi lebih memahami apa yang ada di sekitarnya. Dia mulai tertarik untuk menyentuh berbagai benda untuk mengetahui perbedaan tekstur dan bentuk benda tersebut.

 

  • Pendengaran

 

Di usia ini bayi akan tersenyum mendengar suara orang tua dan dia juga mulai menunjukan tanda-tanda menyukai musik yang diputar untuknya.

 

  • Penglihatan

 

Saat Bunda menatap bayi, dia akan menatap lurus ke mata anda. Dia juga mulai suka menatap dalam-dalam ke cermin utnuk melihat refeleksi dirinya sendiri di kaca.

 

Perkembangan Kognitif

Pemahaman sebab akibat

Ketika bayi mengayunkan mainan yang menggelantung dan benda tersebut bergerak, dia akan mulai memahami dasar dari hubungan sebab-akibat pada benda. Otaknya akan membentuk ribuan koneksi saat dirinya berkonsentrasi pada kemampuan barunya ini.

 

Mengikuti gerak benda

Mata bayi akan mulai bisa bekerja sama untuk mengikuti gerak benda dan fokus pada sesuatu, terutama ketika ada hal yang bergerak di depannya, seperti tangan orang tua ataupun mainan.

  • Senyuman

Senyuman bayi kini tidak hanya untuk bunda dan ayah saja. Dia akan memberikan senyum pada semua orang yang tersenyum padanya terlebih dahulu

  • pemahaman emosi

perkembangan bayi 3 bulan selanjutnya adalah mencoba memahami emosi dan pola komunikasi. Dia pun akan mulai membuat kaitan antara ekspresi wajah dengan apa yang diucapkan oleh orang tuanya. Di usia 3 bulan dia akan menjadi murah senyum kepada siapa saja yang tersenyum padanya terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *