Pantai Pangandaran Keindahan Alam Ciamis
Pantai Pangandaran Keindahan Alam Ciamis

Pantai Pangandaran Ciamis merupakan pantai terbaik untuk menikmati keindahan samudra Hindia dengan sensasi angin laut nya yang cukup kencang. Dan yang sangat menarik nya di sini adalah terbitnya matahari dan terbenam nya matahari dari pinggir pantai. Tidak hanya itu saja tempat ini juga menawarkan berbagai kuliner seafood. Karena berbagai macam olahan makanan hasil laut di sini, baik di warung – warung maupun restoran. Misalnya saja olahan ikan laut, cumi – cumi, udang, kepiting dan berbagai hasil jenis lainnya.

Sejarah Pantai Pangandaran Ciamis

Pantai Pangandaran sama seperti tempat umum lainnya memiliki sejarah. Pangandaran berasal dari dua kata “Pangan” yang berarti makanan dan “Daran” berarti pendatang. Jadi, Pangandaran meiliki arti sumber makanan bagi para pendatang. Sebelum menjadi Pantai Pangandaran dahulu pantai pangandaran ini memiliki nama Desa Pananjung. Para sesepuh memberi nama Pananjung karena tepat bersebelahan dari daerah ini terdapat sebuah tanjung. Pananjung mempunyai arti dalam bahasa sunda Pangnanjung-nanjungna arti dalam bahasa Indonesi ayaitu paling subur atau paling makmur.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Jawa Barat

Selain karena bersebelahan dengan tanjung, Pananjung juga adalah nama sebuah kerajaan yang dahulu berdiri di Pantai Pangandaran. Raja yang memimpin kerajaan Pananjung adalah Prabu Anggalarang.  Tahun 1922, Desa Pananjung dijadikan taman dengan melepaskan 1 ekr banteng, 3 ekor sapi. Dan beberapa ekor rusa oleh presiden priangan yaitu Y Everen. Desa Pananjung memiliki aneka ragam satwa dan tanaman langka. Tahun 1934 Pananjung resmi dijadikan suaka alam dan marga satwa. Tahun 1961 Pananjung berubah menjadi cagar alam karena ditemukannya bunga raflesia. Tahun 1978 Desa Pananjung yang memiliki 37,70 HA dijadikan. Sebagai taman wisata dan tahun 1990 luas kawasan cagar alam diperluas 470 HA.

Lokasi Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran terletak di bagian Tenggara Jawa Barat. Pantai Pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, dan Desa Pangandaran. Pangandaran memiliki kawasan cagar alam dengan luas 470 HA dan terdapat goa-gola alam. Yang umurnya telah ratusan atau bahkan bisa hingga ribuah tahun yang lalu.

Harga Tiket Masuk

Pantai Pangandaran merupakan salah satu wisata yang biaya tiket masuknya murah. Tarif yang berlaku hingga saat ini yaitu :

  • Pejalan kaki 1 orang Rp. 5.800
  • Sepeda motor Rp. 12.500
  • Kendaraan jenis jeep Rp. 32.000
  • Kendaraan jenis carry Rp. 61.000
  • Kendaraan L300 Rp. 89.000
  • Bus kecil Rp. 118.000
  • Bus sedang Rp. 181.000
  • Bus besar Rp. 297.000

Harga tiket masuk diatas sudah termasuk biaya asuransi, sampah, dan parkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *