Segera Atasi Biang Keringat Pada Bayi!

Satu dari sekian banyak ciri khas negera tropis seperti Indonesia ini adalah cuaca panas yang kadang-kadang perlu dihadapi dalam keseharian. Cuaca tersebut bisa jadi pemicu biang keringat yang dialami bayi. Biang keringat pada bayi akan berupa bintil-bintil merah dan terasa gatal hingga ketingkatan yang mengganggu.

Munculnya biang keringat pada bayi diawali dengan gejala ruam dan kulit kemerahan. Karena kulit bayi masih sensitif, kita tidak bisa salah dalam memberikan penanganan. Bayi kerap mengalami biang keringat dibandingkan orang dewasa karena bayi memiliki pori-pori kulit yang kecil. Cuaca lembab dan panas memungkinkan biang keringat terjadi. Penggunaan pakaian kurang tepat pada bisa menyebabkan biang keringat pada bayi.

Penyakit ini bisa menyerang  bagian tubuh mana pun, beberapa hari setelah terkena suhu panas atau lembap. Penyakit yang juga disebut miliaria ini sering ditemukan pada lipatan kulit, seperti leher, ketiak, siku, dan selangkangan.

Biang keringat pada bayi terjadi disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat. Penyumbatan itu akan menyebabkan penggumpalan, karena terpicu bakteri di bawah lapisan kulit. Penumpukan keringat tersebut akhirnya menyebabkan iritasi. Pori-pori kulit kecil milik bayi pada akhirnya membuat mereka sering terkena biang keringat.

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi perlu dilakukan sesuai arahan dokter, tapi cara alami yang bisa dilakukan di rumah pun layak untuk dicoba seperti penejelasan berikut ini:

  1. Kompres dingin

Kompres bagian kulit yang terserang biang keringat dengan es yang dibungkus kain lembut.di saat bayi gerah, kompres dingin akan membantu.

  1. Ketumbar

Ketumbar bisa untuk menyembuhkan biang keringat. kita bisa mengoleskannya pada kulit bayi sebelum mandi.

  1. Madu

Madu memiliki manfaat untuk menyembuhkan biang keringat bayi dalam waktu singkat. Kita dapat menggunakan madu beberapa saat sebelum memandikan bayi.

  1. Oatmeal

Oatmeal dikenal karena kandungan anti-inflamasi. Oatmeal memiliki khasiat untuk mengurangi gatal pada kulit ketika dioleskan.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya punya kandungan yang mendinginkan permukaan kulit. Gel lidah buaya bisa kita oleskan ke daerah yang terserang biang keringat. Lakukan ini tepat sebelum anak mandi.

Gejala biang keringat biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Untuk membantu bayi merasa lebih tenang, kita perlu melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Hindari pakaian ketat untuk dikenakan bayi.
  • Ppakaian bayi harus nyaman. Gantilah pakaian berbahan tipis agar sirkulasi udara di kulit bayi lebih lancar.
  • Menjaga bagian tubuh yang terserang ruam tetap kering.
  • Gunakan losion calamine. Oleskan losion pada bagian yang ruam, tapi hindari daerah mata.
  • Menurunkan suhu ruangan. Tingkatkan sirkulasi udara di rumah dengan bantuan AC atau kipas angin agar bayi tidak gerah. Kondisi biang keringat bisa memburuk bila tubuh bayi terus berkeringat.
  • Pindahkan bayi ke ruangan dengan sirkulasi udara bagus.

Masalah biang keringat merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada bayi. Walaupun seperti sepele, bila tidak segera ditangani, biang keringat bisa jadi semakinmenganggu bayi. Saat biang keringat yang dialami bayi sudah memerah dan basah, ada baiknya berkonsultasi pada dokter supaya bisa mendapatkan solusi terbaik. Namun, langkah pencegahan akan selalu lebih baik dari pada menyembuhkan.

Munculnya biang keringat, akan menjadi penyebab bayi menjadi rewel karena rasa gatal dan tidak nyaman. Saat kulit bayi belum terserang  biang keringat, sangat perlu untuk menjaga kesehatannya dengan perawatan terbaik agar aktivitasnya dalam proses tumbuh kembangnya tak akan terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *