Ulasan Review Tes Berkendara Toyota Calya

Pada bahasan kali ini, akan diulas mengenai test drive toyota Calya. Tipe mobil Calya yang akan kita bahas yaitu yang tipe G. Mobil MPV LCGC satu ini memang sangat populer sekarang ini. Hal tersebut bisa kita lihat sendiri dari semakin seringnya kita melihat mobil Toyota satu ini di jalanan. Langsung saja kita membahas mengenai mesin dari mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G. Hal pertama pada aspek mesin yang dirasakan yaitu suara yang halus. Pada Toyota Calya ini, menggunakan mesin berupa 3NR – FE 1.2 L 4 silinder Dual VVT-I. Mesin tersebut pastinya akan minim getaran dibandingkan dengan Agya yang memakai mesin tipe 3 Silinder. Tak hanya itu saja, apalagi mesin Toyota sekarang ini telah menggunakan oli 0W – 20 untuk sebagai standarnya.

Sensasi Berkendara Memakai Toyota Calya

Untuk melewati rute tol serta jalan mulus, power dari mesin mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G yang bertransmisi manual cukup dan juga terasa responsif jika dibandingkan dengan Toyota Agya. Hal yang cukup membuat terkejut yaitu sektor stabilitas pada mobil ini. Walau ban mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G ini terlihatnya kecil dan juga cingkrang, tetap terasa anteng saat dikendarai sampai kecepatan 130 Km/h dibandingkan dengan Toyota Avanza. Hal ini bisa jadi dikarenakan faktor penggunaan sasis pada mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G ini yang full monokok dan juga double stabilizer pada bagian depan serta belakang. Untuk karakter setir pada mobil ini yaitu EPS yang sangat ringan pada saat digunakan.

Selain itu, setir pada mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G tersebut dapat beradaptasi pada jalan tol yaitu dengan setir otomatis. Hal ini tentunya sangat jauh dibandingkan dengan toyota Agya. Tetapi ada hal berbeda yang dirasakan pada saat mulai memasuki lintas jalur yang penuh dengan tanjakan terjal dan juga banyak tikungan yang curam. Pada saat melewati medan seperti itu, rupanya memang menguras cukup tenaga mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G ini. Walau tidak sampai susah menanjak, mesin pada Toytoa Calya dengan membawa 4 orang penumpang bekerja cukup keras untuk melintasi tanjakan yang terjal. Hal tersebut terlihat dari aspek raungan mesin mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G ini yang memang cukup terdengar. Selain itu, pengemudi harus sering melakukan down shift untuk dapat menjaga RPM mesin yang tetap tinggi.

Karakter Mesin Toyota Calya

Untuk karakter dari mesin dan juga pengendaraan mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G yang transmisi otomatis sama saja memang dengan versi manual. Tapi ada hal yang kurang dari transmisi otomatisnya yaitu merupakan transmisi 4-speed torque converter yang konvensional. Terdapat jeda cukup lama pada saat melakukan kick down posisi D supaya bisa menyalip mobil. Pada setiap saat ingin menyalip, harus mengganti posisinya ke 2 dan juga menginjak pedal gas cukup dalam supaya mobil bisa menyalip mulus. Pada tanjakan, mobil MPV LC GC Toyota Calya tipe G yang otomatis lebih harus bekerja keras lagi jika dibandingkan versi manual. Tenaga mobil Toyota Calya yang sebesar 88PS dengan torsi 104Nm nampaknya tidak terlalu mumpuni untuk dapat menghadapi rute tanjakan terjal dan juga kelokan curam kalau dipasangkan transmisi otomatis. Demikian saja ulasan kali ini dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *